DIRGAHAYU TNI

DIRGAHAYU TNI

Selasa, 01 Oktober 2013

Syarat dan Tata Cara Mutasi Kendaraan Bermotor

Syarat Mutasi Kendaraan :

BPKB

STNK

Cek Fisik Kendaraan (bisa dilakukan cek fisik bantuan dikantor cek fisik dikantor Samsat terdekat)

Kwitansi Jual Beli (materai 6000)

KTP pemilik (daerah yang akan dituju)

(Untuk badan hukum ): Salinan akte pendirian + 1 lembar foto copy, keterangan domisili, surat kuasa bermaterai cukup & ditanda tangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap badan hukum yang bersangkutan.
Untuk intansi pemerintah ( termasuk BUMN & BUMD ) : surat tugas atau surat kuasa bermaterai cukup & ditanda tangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap intansi yang bersangkutan.


Tata Cara Mutasi Kendaraan :

1. Pertama, Melapor ke Samsat (menurut Plat motor yang terdaftar sekarang).

2. Langsung ke Bagian Loket Mutasi (menyerahkan BPKB+KTP daerah yang dituju).

3. Cek Fisik (gesek nomor rangka+mesin) membayar sejumlah biaya.

4. Kembali ke Bagian Mutasi (menyerahkan FC BPKB+STNK+KTP rangkap 2).

5. Kebagian Fiskal (membayar sejumlah biaya).

6. Kembali Ke bagian Mutasi (membayar sejumlah biaya untuk mencabut berkas dari samsat setempat).

7. Menunggu Berkas keluar dengan waktu tertentu. (mendapat surat jalan sementara).

8. Setelah Berkas keluar, Lapor ke samsat daerah tujuan. (menyerahkan berkas-berkas yang diterima ke bagian mutasi).

9. Cek Fisik kembali (gesek nomor rangka+mesin) membayar sejumlah biaya.

10. Cross Cek ke POLDA setempat. (bila mutasi lintas propinsi).

11. Kembali ke samsat daerah tujuan (menyerahkan berkas-berkas dan mendapat surat jalan sementara).

12. Menunggu STNK + Plat No. dengan waktu tertentu.

13. Setelah sesuai dengan lama waktu yang ditentukan kembali ke samsat untuk mengambil STNK + Plat NOPOL baru. (membayar sejumlah biaya untuk pajak, STNK, Plat No., penulisan BPKB)

14. Menunggu BPKB yang di-update dengan waktu tertentu.

15. Mengambil BPKB yang telah di Update.

16. Selesai.


(sumber: Divisi Humas Mabes Polri)

22 komentar:

Mahmud Junaidi mengatakan...

Kalau misal KTP sudah pindah alamat kota sedangkan STNK dan BPKP masih kabupataen,dan bulan ini mau mengurus perpanjangan 5 tahun sepeda motor,itu bagaimana prosedurnya?terima kasih atas infonya.

Millati Indah mengatakan...

Katanya gak harus kuitansi jual beli, bisa pake surat hibah. Bener ga sih?

SENKOM KOTA MALANG mengatakan...

@Mahmudi: Prosedurnya seperti mutasi dan balik nama/pindah alamat
@Millati: Sementara harus pakai kuitansi

hernando henci mengatakan...

kalau BPKB udah mati apa bisa langsung cabut berkas ke lokasi provinsi lain?

Ilmi Fatmawatin mengatakan...

ternyata mudah ya ngurus sim sendiri
thanks min...

Ilmi Fatmawatin mengatakan...

terima kasih infonya
bagaimana mutasi motor dg baik
thanks ya

ARI PRASTYO ARNOV mengatakan...

mohon maaf pak, saya mau tanya, saya mau mutasi dan balik nama kendaraan, kendala saya, teryata setelah saya lihat dan tanpa saya sadari kalau pajak stnk saya sudah mati per tanggal 20/11/2015 kmrn...langkah apa yg harus saya lakukan untuk proses mutasi pak? trimakasih

SENKOM KOTA MALANG mengatakan...

Tdk apa2... Sekalian byr pajaknya, klo jatim malah lagi ada pemutihan sampai Desember 2015 jadi bebas denda dan BBN

Luckyjambul Jambul mengatakan...

Mohon ijin ndan,q mau mutasi sepeda motor dri kota ke kabupaten,,,gimna caranya ndan

SENKOM KOTA MALANG mengatakan...

Biasa mas Lucky, spt petunjuk artikel di atas, silakan dibaca lagi...

Luckyjambul Jambul mengatakan...

Mhon ijin gan,mhon ptunjuk,klu udah ngambil bpkb di polresta malang,itu kmbli ke samsat kacuk lgi,apa lgsung ke samsat kepanjen,,untuk mutasi kota ke kab?

Luckyjambul Jambul mengatakan...

Mhon ijin gan,mhon ptunjuk,klu udah ngambil bpkb di polresta malang,itu kmbli ke samsat kacuk lgi,apa lgsung ke samsat kepanjen,,untuk mutasi kota ke kab?

SENKOM KOTA MALANG mengatakan...

Cabut berkas lengkap langsung aja ke samsat tujuan

Lang Lang mengatakan...

tempat pengambilan bpkb setelah proses mutasi selesai di mana ya pak, masih disamsatkah

Danish Jaya Soetamto mengatakan...

Klo kota Malang ambil BPKB di Polres Mlg kota
Klo Kab Mlg klo gak salah di Satpas Singosari (dulu polwil)

Indi Sharah mengatakan...

Saya punya motor plat N(malang) kl mau mutasi kejakarta kira2 kena brp yak

Unknown mengatakan...

Kalo mau mutasi dari kota batubke kabupaten malang sedangkn pajak telat 1thn bisa ga?

Denny Ardhi Hasiholan mengatakan...

Kalo mau mutasi dari kota batubke kabupaten malang sedangkn pajak telat 1thn bisa ga?

Jawara mengatakan...

Mohon maaf ndan mau nanya kl mutasi dari kabupaten area karanglo ke kepanjen...tapi pajak udh mati 4tahun apa bisa...tx

agus setiyono mengatakan...

berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses mutasi masuk?
(cabut berkas sudah dilakukan)

Eko Adrianto mengatakan...

Maaf saya mau tanya kalau mau mengambil bpkb setelah balik nama untuk daerah Malang Selatan alamatnya di mana pak?
Terimakasih sebelumnya

Arianto Asim mengatakan...

Mohon pencerahan .. apa saja syarat yg dibutuhkan untuk balik nama sepeda motor dari Kab Malang ke Kota Malang..Terima kasih

Poskan Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons